Cara Penularan Hepatitis B

Penularan Hepatitis B seringkali tidak disadari banyak orang. Untuk itu sebaiknya anda menyimak informasi di bawah ini mengenai Cara Penularan Hepatitis B

Tapi sebelumnya kami ucapkan selamat datang terlebih dahulu di website resmi Alfian Herbal yang merupakan Agen Resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal untuk menyembuhkan segala penyakit dari yang ringan sampai penyakit berat. Yang salah satunya menyediakan Obat Hepatitis yani Hepatsure Capsule. Nah, seperti yang disebutkan diatas, pembahasan kami kali ini adalah seputar cara penularan hepatitis B, berikut informasi lengkapnya.

Cara Penularan Hepatitis B

Cara Penularan Hepatitis B — Penyakit hepatitis B adalah masalah global. Ada 2 miliar orang di dunia yang diperkirakan terinfeksi Virus Hepatitis B (HVB). Menurut data WHO, saat ini sudah lebih dari 400 juta manusia di seluruh dunia menderita hepatitis B kronis yang berisiko berkembang menjadi sirosis dan kanker hati.

Sekurangnya ada 1 juta orang meninggal setiap tahun akibat penyakit ini. Data ini menempatkan Hepatitis B sebagai penyebab kematian nomor sembilan di dunia. Sebanyak 75% dari pembawa virus hepatitis B berada di Asia Pasific.

Hepatitis B adalah penyakit infeksi pada hati yang berpotensi fatal yang disebabkan oleh virus hepatitis B dan merupakan salah satu penyakit yang sering ditemui dan menular. Penularan hepatitis B sangat cepat. VHB 100 kali lebih cepat dari VIH/AIDS.

Penyakit hepatitis terdiri dari hepatitis akut, yaitu hepatitis dengan jangka pendek, biasanya kurang dari 6 bulan dan mampu direspons dengan baik oleh sistem kekbalan tubuh. Hepatitis kronik adalah hepatitis B jangka pangjang yang tidak dapat diatasi oleh sistem kekebalan tubuh.

Di Asia pasific, penularan hepatitis B kebanyakn pada saat lahir atau pada saat masa kanak-kanak. Sebanyak sembilan dari sepuluh orang yang terinfeksi tersebut akan bertahan sampai dewasa. Di tempat lainnya, virus hepatitis B biasanya menginfeksi orang dewasa melalui kontak seksual atau melalui darah yang terinfeksi.

Berikut kami uraikan cara penularan hepatitis B

  • Penularan Hepatitis B, Melalui transfusi Darah

Jika mengidap hepatitis B, maka jangan berniat untuk mendonorkan darah. Virus hepatitis B hidup dalam aliran darah. Ketika donor dilakukan, virus HBV akan ikut terbawa bersama darah penderita hepatitis B. Jika darah ini ditransfusikan ke orang lain, maka otomatis virus juga akan masuk ke dalam tubuh orang tersebut dan akan menginfeksinya. Palang Merah Indonesia memang memiliki proses standar dalam mengecek darah yang didonorkan. Setiap darah akan dilakukan proses screening virus dan jika ditemukan virus, termasuk hepatitis B, maka akan segera dimusnahkan dan tidak jadi dipakai.

  • Penularan Hepatitis B, Melalui Barang Bersama

Dalam keluarga pada umumnya sudah ditanamkan kebiasaan untuk tidak menggunakan barang pribadi orang lain secara sembarangan. Barang itu antara lain; baju dalam, handuk, peralatan makan, alat cukur dan sikat gigi. Kebiasaan tersebut ternyata dapat menjadi media virus HBV menular kepada orang lain. Alat cukur dan sikat gigi pada umumnya rentan dengan noda darah yang tertinggal tanpa sengaja. Jika alat ini adalah milik orang yang terinfeksi penderita hepatitis B dan digunakan oleh orang lain, maka orang tersebut memiliki kemungkinan tertular virus HBV dan bisa menderita hepatitis B. Ini berlaku juga untuk pengguna narkoba yang menggunakan jarum suntik secara bersama-sama.

  • Penularan Hepatitis B, Melalui Hubungan Kelamin

Selain darah, virus hepatitis B juga menggunakan cairan tubuh yang ada dalam organ reproduksi. Hubungan kelamin yang dilakukan dengan penderita hepatitis B, maka akan terjadi perpindahan virus ke tubuh pasangannya. Untuk itu tidak disarankan untuk berhubungan kelamin secara sembarangan apalagi berganti-ganti pasangan yang tidak jelas kesehatannya seperti dengan pekerja kelamin. Aktivitas ini harus dihentikan karena rentan penularan hepatitis B dan juga penyakit menular kel#min lainnya. Lebih baik berhubungan kel#min dengan pasangan yang sah dibawah pernikahan sehingga membuat kemungkinan terjangkit penyakit hepatitis B menjadi kecil.

Nah, itulah Cara Penularan Hepatitis B yang perlu diwaspadai agar kita terhindar dari penyakit hepatitis B. Virus hepatitis B dapat bertahan hingga beberapa minggu di luar tubuh manusia. Pencegahannya adalah dengan menjalani hidup sehat dan menghindari penularan serta melakukan vaksinasi/imunisasi secara lengkap yaitu 3 kali suntik dalam rentang waktu berbeda.

CARA PENULARAN HEPATITIS B