Gejala Kerusakan Organ Hati Yang Harus Diwaspadai

Hati adalah salah satu organ yang paling penting dari tubuh. Jika hati anda tidak berfungsi dengan baik, tubuh akan mengalami berbagai penyakit. Kerusakan hati biasanya dipicu kebiasaan tidak sehat seperti minum alkohol dan makan makanan berlemak jenuh. Untuk itu kenali Gejala Kerusakan Organ Hati Yang Harus Diwaspadai

Gejala Kerusakan Organ Hati Yang Harus Diwaspadai

Gejala Kerusakan Organ Hati Yang Harus Diwaspadai | Penyakit hati yang disebabkan oleh infeksi virus hepatitis B, C, dan A, kebiasaan minum alkohol berlebihan, hingga kelebihan lemak hati. Lambat laun bisa terjadi sirosis atau kerusakan hati karena rusaknya sel-sel di hati.

Jika tidak segera diobati bisa terjadi kerusakan secara permanen. Perhatikanlah kesehatan tubuh anda. Jangan abaikan jika terjadi perubahan yang tidak sehat pada tubuh. Dibawah ini adalah tanda-tanda yang perlu diwaspadai terjadinya kerusakan hati :

  • ASAM LAMBUNG NAIK

Asam lambung naik bisa dipicu oleh konsumsi makanan yang terlalu asam. Jika hanya terjadi beberapa kali masih terbilang normal. Namun, jika refluks asam terus terjadi tanpa alasan yang jelas, diikuti mual dan muntah, bisa jadi tanda kerusakan hati.

  • TUBUH GATAL

Tidak punya alergi dan masalah kulit, tetapi tubuh terasa sangat gatal merupakan tanda-tanda peringataan adanya kerusakan hati. Tubuh terasa gatal karena terjadi perubahan hormonal. Jangan ditunda, segera periksa ke dokter jika mengalami masalah ini.

  • MUDAH MEMAR

Tanda lain dari kerusakan hati adalah tubuh mudah memar dan perdarahan abnormal. Mudah memar dan terluka terjadi karena menurunnya fungsi hati untuk membekukan darah ketika terjadi luka atau cedera.

  • BAU MULUT

Anda mungkin tak pernah menyangka bahwa bau mulut bisa menjadi pertanda kerusakan hati. Jika hati Anda tidak berfungsi dengan baik, mulut biasanya berbau tidak sedap. Hal ini dikarenakan kelebihan amonia yang diproduksi oleh tubuh.

  • LINGKARAN HITAM PADA MATA & MATA LELAH

Gangguan fungsi hati dapat dikaitkan dengan kerusakan kulit dan kelelahan. Kulit di bawah mata dikenal sangat lembut dan juga dapat mencerminkan kondisi kesehatan seseorang. Jika Anda merasa sulit menghilangkan masalah lingkaran hitam pada mata dan mata lelah, segera periksa ke dokter. Itu mungkin gejala kerusakan hati.

  • MASALAH PENCERNAAN YANG PARAH

Jika hati Anda mengandung banyak lemak, Anda tidak akan mampu mencerna air. Namun, masalah pencernaan ringan yang terjadi secara berkala juga menandakan adanya kerusakan pada hati Anda.

  • PERUBAHAN WARNA KULIT

Perubahan warna kulit bisa terjadi karena adanya kerusakan hati. Kerusakan hati juga terlihat dari adanya gejala bercak putih yang timbul pada kulit, yang disebut bintik-bintik hati.

  • URINE DAN FESES BERWARNA GELAP

Orang yang mengalami masalah dehidrasi biasanya memiliki urin dan feses yang berwarna cokelat gelap. Selain sebagai gejala dehidrasi, ini juga menandakan adanya masalah pada hati.

  • MATA DAN KUKU MENGUNING

Bagian putih mata dan kuku Anda tampak menguning? Anda mungkin terkena penyakit kuning. Segera periksakan ke dokter untuk mendapatkan perawatan medis yang tepat.

  • RASA PAHIT DI MULUT

Hati menghasilkan enzim yang disebut empedu. Jadi, jika Anda merasakan pahit di mulut, Anda mungkin telah mengalami kerusakan hati.

  • PEMBENGKAKAN PERUT

Hati akan membesar akibat infeksi atau kerusakan hati. Jika kondisi ini tidak segera diatasi, perut Anda akan semakin membesar atau membuncit.

  • TIDAK ADA TANDA-TANDA

Pada beberapa kasus, gangguan hati ini tidak menunjukkan tanda-tanda khusus. University of Iowa Hospitals and Clinics memperingatkan bahwa setengah dari penderita penyakit lever tidak mengalami gejala yang disebutkan sebelumnya.

Dan ada kasus dimana yang pernah terjadi seperti kelelahan, kurang fokus, dan terjadinya gatal secara tiba-tiba. Ketika ada gangguan hati, pasien akan menjadi linglung dan mengalami disorientasi, serta akan sangat mengantuk. Juga akan ada risiko terjadinya koma dan kematian.

Pada titik tersebut, transplantasi lever menjadi satu-satunya pilihan pengobatan. Jadi sangat penting untuk mengidentifikasi tanda-tanda kerusakan lever sejak awal.

Baca Juga : Ternyata Keju Bisa Turunkan Risiko Terkena Kanker Hati

Nah, itu dia Gejala Kerusakan Organ Hati Yang Harus Diwaspadai. Untuk mencegahnya, hindari kebiasaan makan yang tidak sehat, terutama yang mengandung banyak minyak jenuh. Perbanyak minum air dan makan makanan sehat seperti sayur dan buah. Sekian dan semoga bermanfaat.

| Gejala Kerusakan Organ Hati Yang Harus Diwaspadai |