Gejala Penyakit Liver

  • -

Gejala Penyakit Liver

Gejala penyakit liver tidak boleh dianggap remeh. Orang yang terkena liver rentan untuk mengalami sirosis hati bahkan bisa sampai kanker hati.

Selamat datang kembali di website Pengobatan Hepatitis yaitu salah satu website resmi Alfian Herbal yang merupakan penjual obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang sudah terbukti efektif dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit, baik penyakit akut maupun penyakit kronis. Pada kesepatan kali ini kami akan membahas informasi tentang Gejala Penyakit Liver yang perlu diwaspadai sebab bila dibiarkan dapat membahaya orang tersebut. Tapi sebelumnya simak terlebih dahulu sekilas informasi mengenai penyakit liver dan sesudah itu langsung mengenai gejala penyakit liver.

Gejala Penyakit Liver

Gejala Penyakit Liver — Liver adalah bahasa inggris yang artinya hati, dalam bahasa kedokteran disebut hepar. Sehingga penyakit liver adalah setiap gangguan pada fungsi hati yang menyebabkan masalah atau penyakit bagi tubuh. Hati bertanggung jawab terhadap banyak fungsi penting dalam tubuh. Hilangnya fungsi-fungsi hati dapat menyebabkan kerusakan yang signifikan pada tubuh yang selanjutnya kita sebut sebagai gejala penyakit liver atau hepatic disease.

Hati adalah organ padat terbesar dalam tubuh; dan juga dianggap kelenjar karena di antara fungsinya yaitu membuat dan mengeluarkan empedu. Hati memainkan peran penting dalam banyak fungsi tubuh seperti produksi protein dan pembekuan darah, metabolisme lemak, kolesterol, glukosa dan zat besi.

Ada berbagai jenis penyakit yang dapat mempengaruhi hati. Misalnya sirosis, ketika sel-sel hati yang normal digantikan oleh jaringan parut akibat penyakit liver kornis. Gejala penyakit liver termasuk kelemahan dan kelelahan, penurunan berat badan, mual, muntah dan perubahan warna kulit menjadi kuning, begitu pula urin dan sklera mata. Untuk lebih jelasnya berikut kami uraikan gajala penyakit liver :

  • TUBUH MENJADI KUNING

Orang yang menderita penyakit liver biasanya tubuhnya akan menguning. Yang akan terlihat menguning adalah bagian tubuh terutama putih mata, tangan, kaki dan semua badan terlihat menguning. Akan sangat terlihat jelas mata putih bwarna kuning  ketika seseorang terkena liver.  Dokter akan memeriksa putih mata pertama kali sebelum mengecek bagian tubuh yang lainnya.

Yang membuat tubuh menguning seperti itu adalah kadar bilirubin hati yang tinggi. Bilirubin sendiri adalah zat sisa yang bisa dihasilkan ketika terjadi penguraian sel darah merah. Sebelum dikeluarkan oleh tubuh biasanya bilirubin itu akan dibawa menuju hati manusia, membawanya melalui aliran darah manusia. Ketika sampai hati, bilirubin itu akan dicampur bersamaan dengan cairan empedu. Cairan empedu dan bilirubin akan menuju ke sistem pencernaan untuk dibuang melalui sistem ekskresi, sayangnya hati yang terganggu akibat penyakit liver tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik. Bilirubin yang seharusnya dikeluarkan oleh tubuh justru menumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan tubuh menjadi kuning.

  • NYERI PERUT

Tanda lainnya ketika terkena penyakit liver adalah akan merasakan nyeri perut. Nyeri perut itu menyerang bagian atas. Saat anda merasakan nyeri perut bagian atas bisa jadi hati anda mengalami masalah seperti pembengkakan. Pembengkakan hati akan membuat penderitanya merasakan nyeri perut sebab hati berdekatan dengan perut bagian atas.

  • PEMBENGKAKAN

Tanda yang menunjukkan bahwa seseorang terkena liver adalah dia mengalami pembengkakan pada bagian tertentu misalnya adalah kaki, tangan dan juga perut. Pembengkakan itu disebabkan oleh cairan empedu yang menumpuk. Cairan empedu seharusnya dibawa menuju ke saluran pencernaan untuk memecah lemak, sayangnya kinerja liver yang terganggu membuat dia tidak bisa membawa cairan empedu bersamaan dengan bilirubin ke saluran pencernaan. Cairan empedu itulah yang menumpuk dan membuat tubuh menjadi bengkak terutama di bagian perut.

Pembengkakan yang terjadi di tubuh manusia tidak saja ciri dari penyakit liver, namun bisa menjadi ciri-ciri penyakit ginjal. Sama halnya dengan hati, ginjal adalah alat ekskresi pada tubuh manusia. Ginjal yang tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik akan membuat cairan yang seharusnya dikeluarkan oleh saluran kemih menjadi menumpuk di bagian perut dan kaki.

  • PERUT TERASA PENUH

Orang yang sakit liver dia akan merasakan bahwa perutnya terasa penuh. Hal itu dikarenakan penumpukan cairan yang telah terjadi di perut dan pembengkakan di hati akan membuat perutnya terasa penuh. Gejala ini jika tidak diperhatikan dengan baik bisa membuat orang salah kaprah. Mereka akan mengira bahwa penyakitnya adalah penyakit maag  biasa sehingga mengobatinya menggunakan obat maag. Efek sampig obat maag yang dikonsumsi jangka panjang justru akan membuat kemunculan bakteri di saluran cerna. Jangan sampai gejala penyakit hati diperparah dengan hadirnya bakteri di saluran cerna. Oleh sebab itu anda perlu mencermati setiap gejala yang dirasakan oleh tubuh anda. Jika anda merasakan perut terasa penuh padahal perut belum terisi dengan apapun sebaiknya anda segera mengunjungi dokter anda.

  • KULIT TERASA GATAL

Gatal yang akan dirasakan oleh orang yang menderita liver tidaklah sama seperti gatal seperti penyakit gatal pada umumnya. Penyakit gatal pada penderita liver akan merasakan gatal-gatal setiap hari dan tidak akan pernah hilang sepanjang waktu. Kulit gatal dan tidak kunjung reda menjadi tanda bahwa orang tersebut mengalami gangguan ginjal. Kulit yang gatal pada penderita liver disebabkan oleh peningkatan dan penumpukan kadar bilirubin yang sudah sampai ke kulit akan menyebabkan orang yang mengalami liver akan merasakan gatal tidak kunjung reda disertai dengan kondisi kulit yang semakin menguning.

  • AIR URIN MENJADI KERUH

Banyak sekali hal yang bisa menyebabkan seseorang terkena penyakit liver misalnya saja adalah pola hidup tidak sehat, virus dan juga bakteri. Virus dan bakteri yang mengakibatkan liver bisa membuat penderitanya akan mengalami urin yang berwarna keruh. Hal itu bisa menjadi pertanda bahwa ada infeksi yang disebabkan oleh virus dan bakteri di dalam ginjal. Jika sedang terkena penyakit liver, urin cenderung berwarna cokelat dikarenakan liver yang bekerja dengan tidak baik. Hal itu dkarenakan garam empedu yang dikeluarkan bersamaan dengan kotoran melalui urin dan harus disaring oleh ginjal memiliki konsentrasi di dalam darah tinggi sehingga urin berubah menjadi keruh atau cokelat. Penyakit liver yang membuat penderitanya memiliki urin warna cokelat adalah peradangan hati. Dokter yang memeriksa orang dengan urin seperti ini akan melakukan tes urin sebab salah satu fungsi tes urine  itu untuk mengetahui penyakit apa yang sedang diderita oleh pasien. Dengan tes ini akan ketahuan apakah pasien memiliki kadar gula tinggi, kolesterol tinggi, mendeteksi kehamilan dan lain sebagainya. Tes urin ini akan lebih efektif jika disertai dengan melakukan tes darah

  • TINJA BERWARNA PUCAT BAHKAN BERCAMPUR DENGAN DARAH

Salah satu tanda orang yang mengalami penyakit liver adalah dia akan memiliki tinja warna cokelat dan bahkan bisa bercampur dengan darah. Hal itu terjadi ketika di dalam saluran pencernaan terdapat masalah. Saluran pencernaan tidak memiliki cairan empedu untuk memecah lemak dan memecah makanan yang ada di saluran pencernaan, hal itulah yang menyebabkan tinja berwana pucat bahkan bisa bercampur dengan darah.

Saluran pencernaan tidak bisa menjalankan fungsinya dengan baik dikarenakan dia tidak memiliki cairan empedu, hati tidak bisa berfungsi dengan baik sehingga cairan empedu tidak bisa diantarkan ke saluran pencernaan.

  • MUAL DAN MUNTAH

Mual dan muntah menjadi ciri umum dari berbagai macam penyakit, mulai dari masuk angin, jantung koroner, maag dan berbagai macam penyakit lainnya. Jika anda mengalami hal ini apalagi setelah anda mengkonsumsi makanan anda harus tahu penyebab sering mual setelah makan. Tidak hanya sehabis makan saja, anda juga harus mewaspadai rasa mual yang terjadi setiap hari meski perut sedang tidak dalam terisi sekaligus.

Mual tersebut sering disertai dengan muntah. Lagi-lagi orang yang tidak memeriksakan dirinya akan menganggap gejala ini adalah gejala maag biasa. Padahal mual dan muntah tidak melulu berkaitan dengan maag. Posisi hati berdekatan dengan lambung, saat hati mengalami pembengkakan dia akan menekan lambung. Penekanan yang terjadi pada lambung itulah yang menyebabkan tubuh akan mengalami mual dan juga muntah.

  • PERUT KEMBUNG

Perut kembung akan dialami oleh orang yang menderita liver. Perut kembung ini terjadi ketika penderita liver merasakan perutnya terasa penuh sehingga dia tidak mau memakan makanan dalam bentuk apapun. Air pun juga tidak mau masuk ke dalam orang yang menderita liver, sehingga di dalam perutnya atau di dalam lambungnya hanya terisi dengan udara.

Seperti yang sudah kita ketahui sebelumnya bahwa di dalam perut hanya bisa terisi dengan 1/3 makanan, 1/3 dari minuman atau air dan 1/3 dari udara. Ketika kedua komponen makanan maupun minuman tidak memenuhi perut maka komponen yang paling mendominasi adalah udara. Udara yang berlebihan bisa mengakibatkan perut kembung. Jika anda sering merasakan kembung segeralah cari apa yang menjadi penyebab perut kembung  yang anda alami, apakah masuk angin ataukah karena penyakit yang serius.

  • NAFSU MAKAN BERKURANG

Saat seseorang mengalami ketidaknyaman di bagian perut, pasti dia akan merasakan trauma untuk makan atau minum. Rasa sakit yang dialaminya ketika mengkonsumi makanan dan minuman membuat dia tidak ingin makan ataupun minum. Kondisi perut yang tidak nyaman akibat lambung tertekan oleh hati membuat penderita liver memiliki nafsu makan yang berkurang.

  • BERAT BADAN MENURUN

Saat nafsu makan berkurang imbasnya akan ke berat badan. Orang yang mengalami liver banyak yang berat badannya menurun secara drastis, hal itu dikarenakan kebutuhan tubuh akan makanan dan minuman tidak tercukupi dengan baik. Tubuh tidak ada yang diolah menjadi energi dan tidak ada satupun yang bisa terserap oleh tubuh. Oleh sebab itu badan semakin kurus kering.

  • MUDAH LELAH

Mudah lelah akan dialami oleh penderita liver, hal itu dikarenakan penurunan kadar gula secara drastis di dalam tubuh penderita liver membuat dirinya mudah lelah, lesu dan tidak bersemangat. Alasannya adalah ketika saluran pencernaan tidak bisa bekerja dengan baik, dia tidak mampu memecah glukosa yang ada di dalam darah manusia. Sehingga menyebabkan tubuh mengalami penurunan glukosa.

Tidak hanya itu saja, kondisi tersebut akan diperparah jika orang yang mengalami liver tidak nafsu makan. Ketika tidak nafsu makan tidak ada glukosa yang masuk ke dalam tubuh sehingga tubuh akan mengalami lesu, lemas dan lunglai.

  • MENGALAMI MEMAR

Saluran pencernaan yang kurang baik, nafsu makan yang menurun, serta mual dan muntah membuat tubuh kekurangan zat dan nutrisi yang diperlukan. Akibatnya adalah tubuh tersebut mengalami akibat dari kekurangan zat-zat yang dibutuhkan tubuh tersebut. Salah satu zat yang diperlukan oleh penderita liver adalah protein. Tidak mengherankan jika orang yang terkena liver akan memiliki ruam biru atau memar di kulitnya. Padahal fungsi protein sebagai zat pembantu tubuh dalam pembekuan darah. Jika pembekuan darah terganggu akan menyebabkan memar di tubuh.

Nah, itulah informasi seputar Gejala Penyakit Liver. Biasanya, gejala penyakit liver terjadi secara bertahap bahkan pada tahap awal banyak yang tidak menyadarinya sehingga luput dari perhatian. Walau demikian, gejala awal penyakit liver seperti lelah, lemah dan penurunan berat badan dengan penyebab tak jelas, jaundice, mual, muntah, dan sakit perut harus segera dievaluasi terhadap kemungkinan penyakit liver.

BACA JUGA >> Makanan Bagi Penderita Hepatitis B

GEJALA PENYAKIT LIVER


  • Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Dengan Cepat September 11, 2017
    Simak informasi mengenai cara meningkatkan jumlah sperma dengan cepat , secara alami dan aman tanpa menimbulkan efeksamping negatif. Jumlah sel sperma pada pria sangatlah penting dalam kehidupan rumah tangga seseorang, mengapa demikian ? karena menurut informasi yang didapatkan salah satu penyebab yang paling banyak ditemukan ketika pasangan suami istri sulit untuk mendapatkan keturunan yaitu karena […]
    admin_alfianherbal

Cari Artikel Kesehatan Disini :

Like Us On Facebook