Macam-Macam Penyakit Endemik

  • -

Macam-Macam Penyakit Endemik

Penyakit endemik sering kita jumpai dalam masyarakat, mejadi wabah penyakit pada suatu tempat. Cari tahu apa saja Macam-Macam Penyakit Endemik

Selamat datang kembali di salah satu website Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World, pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal untuk mengobati segala macam penyakit akut maupun kronis. Di sini kami akan memberikan informasi mengenai Macam-Macam Penyakit Endemik yang mungkin sebagian dari anda ada yang belum mengetahuinya. Langsung saja, berikut informasinya.

macam-macam penyakit endemikMacam-Macam Penyakit Endemik — Penyakit endemik adalah penyakit yang umum terjadi pada laju yang konstan namun cukup tinggi pada suatu populasi. Kata endemik berasal dari bahasa yunani yaitu “en” yang berarti di dalam dan “demos” berarti rakyat. Jadi suatu masalah penyakit dikatakan sebagai endemik pada suatu populasi tersebut tanpa adanya pengaruh dari luar. Suatu infeksi penyakit dikatakan sebagai penyakit endemik bila setiap orang yang terinfeksi penyakit menularkannya kepada tepat satu orang lain (secara rata-rata).

Bila infeksi tersebut tidak lenyap dan jumlah orang yang terinfeksi tidak bertambah secara eksponensial, suatu infeksi dikatakan berada dalam keadaan tunak endemik (endemic steady state). Suatu infeksi yang dimulai sebagai suatu epidemi pada akhirnya akan lenyap atau mencapai keadaan tunak endemik, bergantung pada sejumlah faktor, termasuk virulensi dan cara penularan penyakit bersangkutan.

Berikut Contoh Penyakit Endemik

  • Demam Berdarah Dengue

Demam berdarah dengue atau lebih dikenal dengan DBD terjadi karena infeksi gigitan nyamuk Aedes Aegypti dan Aedes Albopictus betina yang membawa virus Dengue dari para penderita demam berdarah.

  • Malaria

Malaria terjadi karena infeksi gigitan nyamuk Anopheles betina yaitu infeksi protozoa. Biasanya para penderita akan mengngalami meriang berhari – hari. Penyakit malaria dibagi menjadi 4 jenis, yaitu:

1. Tertiana – Penderita akan mengalami demam pada hari ketiga karena plasmodium vivax.

2. Quartana – Penderita akan mengalami demam pada hari keempat karena plasmodium malariae.

3. serebal – Penderita akan mengalami demam secara tidak teratur yang mengakibatkan koma bahkan mati mendadak karena plasmodium falciparum

4. pernisiosa – Penderita akan mengalami koma yang mirip stroke karena plasmodium vivax

 
  • Demam Tifoid

Demam Tifoid atau lebih dikenal dengan penyakit tifus terjadi karena bakteri Salmonella typhi yang ditularkan melalui kotoran manusia (Feses), makanan (Food), lalat (Fly) yang disingkat dengan 3F. Para penderita tifus harus di rawat dan diobati untuk menyembuhkan dan menghilangkan bakteri.

  • Chikungunya

Chikungunya disebabkan oleh virus CHIKV (chikungunya) keluarga Togaviridae genus alphavirus yang di bawa oleh nyamuk Aedes aegypty atau Aedes albopictus.

  • Filariasis (Kaki Gajah)

Kaki gajah disebabkan oleh cacing filaria yaitu Brugian tintori, Wuchereria Bancrofti dan Brugia malayi yang disebarkan oleh genus Culex, Aedes, Anopheles, Arnigeres, dan Mansonia, jika ditotal ada 23 spesies nyamuk. DEC atau Dietilkarbamasin merupakan obat kaki gajah yang ampuh, murah dan aman.

  • Tuberkulosis (TBC)

Penyakit TBC terjadi karena bakteri Mycobacterium tuberkulosis, Mycobacterium africanum atau Mycobacterium bovis yang ditularkan oleh penderita tbc melalui udara ketika batuk. Para penderita diwajibkan untuk meminum obat secara teratur sesuai anjuran dokter.

  • Diare

Penyakit diare sering terjadi pada masyarakat yang memiliki lingkungan kumuh (kurang bersih). Diare terjadi karena adanya iritasi pada bagian usus besar hingga anus, sehingga ketika buang air besar tinja yang dikeluarkan cair. Penderita disarankan meminum oralit untuk proses penyembuhan.

Nah, itulah artikel tentang Macam-Macam Penyakit Endemik. Terima kasih atas kepercayaan anda untuk berkunjung ke website kami dan semoga informasi yang kami kutif dapat bermanfaat untuk anda.

Baca Juga : Makanan Pereda Pusing Untuk Gantikan Obat Warung | Manakah Jenis Penyakit Hepatitis Yang Paling Berbahaya

MACAM-MACAM PENYAKIT ENDEMIK


  • Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Dengan Cepat September 11, 2017
    Simak informasi mengenai cara meningkatkan jumlah sperma dengan cepat , secara alami dan aman tanpa menimbulkan efeksamping negatif. Jumlah sel sperma pada pria sangatlah penting dalam kehidupan rumah tangga seseorang, mengapa demikian ? karena menurut informasi yang didapatkan salah satu penyebab yang paling banyak ditemukan ketika pasangan suami istri sulit untuk mendapatkan keturunan yaitu karena […]
    admin_alfianherbal

Cari Artikel Kesehatan Disini :

Like Us On Facebook