Manfaat Minum Kopi Sebelum Melakukan Olahraga

  • -

Manfaat Minum Kopi Sebelum Melakukan Olahraga

Beberapa atlet profesional punya kebiasaan minum kopi sebelum bertanding. Bagi yang terbiasa melakukannya, kopi memang menyimpan manfaat yang bisa mendongkrak performa saat olahraga. Lalu apa saja Manfaat Minum Kopi Sebelum Melakukan Olahraga

Manfaat Minum Kopi Sebelum Melakukan Olahraga

Manfaat Minum Kopi Sebelum Melakukan Olahraga | Bagi sebagian orang, memulai hari tidaklah lengkap bila belum menyeruput secangkir kopi. Mereka percaya, kopi bisa membuat hari mereka lebih bersemangat dan mengurangi rasa lelah. Ternyata manfaat kopi juga bisa dirasakan jika diminum sebelum olahraga.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam International Journal of Sport Nutrition and Exercise Metabolism mengungkapkan, minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak. Studi menemukan, atlet yang mengonsumsi kafein sebelum olahraga membakar 15 persen kalori lebih banyak hingga tiga jam setelah olahraga. Ini dibandingkan dengan mereka yang hanya diberi plasebo.

Peneliti mengatakan, dosis yang dibutuhkan untuk menghasilkan dampak tersebut adalah 4,5 miligram kafein per kilogram berat badan. Sehingga bagi wanita dengan berat badan 68 kilogram, kira-kira membutuhkan 300 mg kafein atau sekitar 355 mililiter kopi seduh.

Selain membantu tubuh untuk membakar lemak lebih banyak, kopi juga diketahui dapat memberikan beberapa keuntungan lainnya. Berikut di antaranya.

  • Memperbaiki sirkulasi

Baru-baru ini, penelitian asal Jepang mempelajari efek kopi pada sistem sirkulasi pada orang yang tidak terbiasa minum kopi. Setiap peserta diminta minum 148 ml kopi baik yang biasa maupun yang ditambah kafein. Kemudian peneliti menghitung aliran darah pada tubuh masing-masing peserta. Ternyata peserta yang minum kopi yang diperkaya kafein memiliki aliran darah lebih cepat 30 persen selama 75 menit dibandingkan peserta lainnya.

  • Lebih sedikit nyeri

Peneliti dari University of Illinois menemukan, mengonsumsi kafein yang sama dengan dua hingga tiga kali cangkir kopi satu jam sebelum berolahraga akan mengurangi nyeri otot pascaolahraga intensitas tinggi. Kafein bekerja untuk mendorong otot lebih kuat selama berolahraga sehingga kekuatan dan ketahanan otot pun menjadi lebih baik.

  • Ingatan lebih baik

Studi yang dipublikasi dalam Johns Hopkins University menemukan, kafein mampu meningkatkan ingatan hingga 24 jam setelah dikonsumsi. Dalam olahraga, ingatan yang baik juga diperlukan untuk mengingat gerakan tertentu.

  • Menjaga otot awet muda

Peneliti asal Coventry University menemukan kekuatan otot menurun karena penuaan. Namun ternyata dalam moderasi, konsumsi kafein dapat membantu mengurangi cedera otot karena penuaan saat berolahraga.

  • Otot lebih bertenaga

Studi baru dalam Journal of Applied Physiology menemukan, sedikit kafein sesudah olahraga juga dapat bermanfaatkan, khususnya untuk menjaga daya tahan orang yang berlatih setiap hari, seperti atlet.

Itu dia Manfaat Minum Kopi Sebelum Melakukan Olahraga. Meski begitu, bukan berarati anda bebesa minum kopi, karena semua hal yang berlebihan sangat tidak baik untuk tubuh, termasuk minum kopi.

Baca Juga : Yang Sebenarnya Terjadi Di Otak Ketika Dihipnotis | Sering Menguap Bisa Jadi Tanda Adanya Penyakit

| Manfaat Minum Kopi Sebelum Melakukan Olahraga |


  • Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Dengan Cepat September 11, 2017
    Simak informasi mengenai cara meningkatkan jumlah sperma dengan cepat , secara alami dan aman tanpa menimbulkan efeksamping negatif. Jumlah sel sperma pada pria sangatlah penting dalam kehidupan rumah tangga seseorang, mengapa demikian ? karena menurut informasi yang didapatkan salah satu penyebab yang paling banyak ditemukan ketika pasangan suami istri sulit untuk mendapatkan keturunan yaitu karena […]
    admin_alfianherbal

Cari Artikel Kesehatan Disini :

Like Us On Facebook