Orang-Orang Yang Berisiko Tinggi Terkena Malaria

Salah satu penyakit berbahaya karena gigitan nyamuk adalah malaria. Malaria sering disebut sebagai penyakit tropis yang berbahaya dan mematikan. Selain orang-orang yang tinggal di daerah tropis yang berisiko tinggi untuk kena malaria, dibawah ini juga ada Orang-Orang Yang Berisiko Tinggi Terkena Malaria

Orang-Orang Yang Berisiko Tinggi Terkena Malaria

Orang-Orang Yang Berisiko Tinggi Terkena Malaria | Malaria bisa menyerang siapa saja yang digigit nyamuk Anopheles pembawa protozoa parasit kelompok Plasmodium. Berbeda dengan nyamuk penyebab demam berdarah yang mencari makan di pagi dan siang hari, nyamuk penyebar malaria biasanya suka ‘berkeliaran’ di malam hari, antara pukul 6 sore hingga 6 pagi. Gejala klinis malaria biasanya ditandai dengan demam, menggigil, berkeringat, sakit kepala, mual, muntah, diare dan nyeri otot atau pegal-pegal.

Menurut data The World Malaria Report tahun 2011, 3,3 milyar penduduk dunia berisiko malaria dan 216 juta diantaranya positif menderita malaria. Pada tahun 2011, Indonesia menyumbang 256.592 kasus malaria positif dan 11.000 orang meninggal karena malaria setiap tahunnya.

Orang Yang Berisiko Tinggi Terkena Malaria

  • Anak Kecil

Sistem kekebalan tubuh anak kecil, terutama balita belumlah terlalu sempurna dan kuat. Sehingga gigitan nyamuk malaria sedikit saja bisa membuat mereka terkena penyakit ini.

  • Wanita Hamil Yang Belum Divaksin

Tak hanya anak-anak saja, wanita hamil pun perlu untuk mendapatkan vaksinasi malaria. Terutama bagi wanita hamil yang hidup di daerah endemik malaria. Malaria yang terjadi pada kehamilan bisa meningkatkan risiko keguguran atau bayi lahir dengan berat badan rendah.

  • Penderita HIV/AIDS

Tak banyak yang tahu bahwa penderita HIV AIDS berisiko tinggi tertular malaria. Bahkan mereka berada pada kategori teratas untuk terkena penyakit malaria.

  • Wisatawan Internasional

Memang tidak semua wisatawan. Namun bagi mereka yang baru saja bepergian ke daerah endemik malaria dan tidak mendapatkan vaksinasi anti malaria, meka mereka termasuk kelompok yang berisiko kena penyakit ini.

  • Imigran Dari Daerah Endemik

Selain wisatawan yang baru saja berpergian dari daerah endemik, imigran dari dari daerah endemik jelas berisiko tinggi untuk kena malaria. Apalagi ketika mereka berkunjung ke negara asal mereka dan mereka tidak dilengkapi dengan vaksinasi yang memadai.

Selain memproteksi diri dari gigitan nyamuk malaria, anda juga harus vaksinasi untuk mencegah terkena malaria. Sebab biasanya penyakit ini akan kambuh kembali terutama ketika sistem kekebalan tubuh sedang melemah. SEkian informasi mengenai Orang-Orang Yang Berisiko Tinggi Terkena Malaria, semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan baru anda.

Baca Juga :

| Orang-Orang Yang Berisiko Tinggi Terkena Malaria |