Paparan Pestisida Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Hati

Saat membeli bahan pangan seperti buah dan sayur, apa saja yang anda pertimbangkan selain harganya? Beberapa orang mementingkan bahan pangan yang segar dan tampak mulus. Namun ada satu hal yang sebaiknya anda perhatikan, yaitu apakah pangan tersebut tinggi pestisida. Jangan main-main dengan bahaya pestisida bagi tubuh anda, terutama organ hati (liver). Pasalnya, Paparan Pestisida Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Hati

Paparan Pestisida Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Hati

Paparan Pestisida Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Hati | Menurut sebuah penelitian yang dipresentasikan dalam Asosiasi Riset Kanker Amerika di Washington DC, paparan pestisida bisa meningkatkan risiko kaker hati hingga 71 persen. Kanker hati merupakan kanker keenam yang paling umum di dunia dan menjadi penyebab kematian nomor dua, menurut peneliti dari Nasional Cancer Institute.

Dalam penelitian yang dilakukan pada hewan, menunjukan bahwa paparan pestisida bisa menyebabkan kanker hati dengan merusak DNA. Terdapat penelitian lain yang juga menginformasikan tentang tingkat paparan pestisida terhadap manusia. Pestisida yang dimaksuda disini pun sangat luas, termasuk insektisida dan herbisida.

Meskipun demikian, temuan bahwa paparan pestisida bisa meningkatkan risiko kanker hati hingga 71% bukanlah nilai yang ekstrim. Menurut peneliti, mereka memerlukan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui jenis pestisida yang lebih spesifik dan pengaruhnya terhadap kanker hati.

Sampai saat ini, penelitian masih kesulitan untuk mengetahui apa yang benar-benar terjadi pada tubuh saat pestisida meningkatkan risiko kanker hati. Untuk mengurangi paparan pestisida, disarankan untuk menanan sayur atau buah-buahan dengan metode lebih alami dan mencuci hingga bersih sebelum mengkonsumsinya.

Cara Menghindari Bahan Pangan Yang Tinggi Pestisida

Di zaman industri besar ini, memang sulit sekali untuk memastikan asal dan cara memproses bahan pangan yang anda beli di pasar atau supermarker. Namun, sudah banyak produsesn bahan pangan organik yang akan mencantumkan keterangan tersebut pada label. Organik disini bukan beraryi bahan pangan anda ditanam dan dipanen secara alami, tanpa pestisida maupun pupuk sintetis.

Sedangkan bahan pangan hewani yang organik seperti daging dan telur berarti hewan ternak tersebut hanya diberi pakan organik dan tidak disuntik dengan antibiotik atau bahan kimia apapun.

Kalau sayur, buah, kentang, dan jagung yang biasa Anda beli tidak ada kemasan atau labelnya, selalu cuci bersih dengan air yang mengalir sebelum dimasak atau dihidangkan. Anda sebenarnya tak perlu mengupas kulit buah untuk mengurangi bahaya pestisida. Pasalnya, cara ini dinilai kurang ampuh karena bahan-bahan kimianya pasti sudah terserap ke daging buah. Anda justru akan kehilangan manfaat sehat dari mengonsumsi kulit buah dan sayur.

Baca Juga :

  1. Faktor Yang Membuat Anda Berisiko Tinggi Terkena Kanker Hati

| Paparan Pestisida Tingkatkan Risiko Terkena Kanker Hati |