Penyebab Hepatitis Dan Pencegahannya

  • -

Penyebab Hepatitis Dan Pencegahannya

Slah satu penyakit hati ialah hepatitis. Hepatitis termasuk penyakit berbahaya dan mematikan bagi penderitanya. Cari tahu Penyebab Hepatitis Dan Pencegahannya

Selamat datang kembali di salah satu webite resmi milik Alfian Herbal yang merupakan agen resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal untuk mengobati segala penyakit dari yang ringan sampai penyakit berat yang salah satu nya menyediakan obat herpatitis. Kami tidak hanya memberikan solusi untuk penyembuhan penyakit, tapi juga akan memberikan berbagai informasi seputar kesehatan. Nah, untuk sekarang ini kami akan membahas mengenai Penyebab Hepatitis Dan Pencegahannya. Langsung saja simak informasinya berikut ini.

Penyebab Hepatitis Dan Pencegahannya

Penyebab Hepatitis Dan Pencegahannya — Penyakit hepatitis adalah penyakit peradangan hati yang disebabkan oleh berbagai hal. Penyakit hepatitis sangat berbahaya karena dapat merusak fungsi organ hati sebagai organ penyairing racun dalam darah yang masik ke dalam tubuh manusia.

Penyakit Hepatitis atau peradangan hati ini jika sudah berada dalam kondisi kritis/akut akan menyebabkan kanker hati atau sirosis hati (matinya jaringan hati) yang menyebabkan penyusutan volume hati. Ada berbagai macam jenis penyakit Hepatitis, yaitu Hepatitis A, B, C, D dan E. tetapi masyarakat umumnya mengetahui hanya hepatitis B.

PENYEBAB HEPATITIS

Penyebab hepatitis tersering ialah karena infeksi virus hepatitis, virus hepatitis saat sekarang yang sering terjadi ada 5 virus hepatitis antara lain : virus hepatitis A (VHA), virus hepatitis B (VHB), virus hepatitis C (VHC), virus hepatitis D (VHD) dan virus hepatitis E (VHE), diperkirakan ada 2 virus hepatitis lagi yang menyebabkan hepatitis selain kelima virus tadi.

Penyebab hepatitis ini juga menjadi pembeda atau termasuk kedalam jenis-jenis hepatitis, jadi penyebab dan jenis hepatitis sama.

-Penyebab Hepatitis A

Hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang organ hati dan penyebabnya ialah infeksi virus hepatitis A (VHA). Virus hepatitis A dapat menyebar dengan sangat mudah, cara penyebaran utamanya adalah melalui makanan atau minuman yang telah terkontaminasi oleh tinja pengidap hepatitis A.  Ada beberapa faktor dapat meningkatkan penyebaran penyakti hepatitis A, antara lain seperti :
  • Kontak langsung dengan pengidap hepatitis A
  • Sanitasi buruk.
  • Bekerja di area yang berhubungan dengan kotoran, misalnya selokan.
  • Berhubungan seks dengan pengidap, terutama seks anal.
  • Berbagi jarum suntik.
  • Pria yang berhubungan seks dengan sesama pria.

-Penyebab Hepatitis B

Penyebab hepatitis B ialah infeksi virus hepatitis B (VHB). Hepatitis B merupakan masalah kesehatan dunia, termasuk Indonesia. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) memperkirakan bahwa hepatitis B merupakan penyebab lebih dari 780.000 kematian tiap tahun di dunia.

Virus Hepatitis B (VHB) biasanya menular melalui darah atau cairan tubuh seperti air liur, cairan vagina, atau sperma. Ini karena hepatitis B terdapat dalam darah dan cairan tubuh tersebut. Tranfusi darah, darah pada pisau cukur, perawatan gigi, gunting kuku, jarum suntik atau jarum yang digunakan untuk membuat tato dapat menularkan virus hepatitis B.

Bahkan noda darah mengering pun dapat menulari orang lain selama 1 minggu sejak menempel pada suatu benda. Cara lain penyebaran virus ini adalah karena terbawa sejak dari kandungan oleh seorang ibu yang terinfeksi virus hepatitis B ( faktor keturunan) dan karena hubungan seks.

-Penyebab Hepatitis C

Penularan hepatitis C hampir sama dengan penularan virus hepatitis B hanya saja jenisnya virusnya yang berbeda yaitu virus hepatitis B (VHB). namun paling umum terjadi melalui jarum suntik, terutama di antara para pengguna obat-obatan terlarang yang berbagi jarum suntik. Di samping itu, ada beberapa kelompok orang juga berisiko tinggi tertular penyakit hepatitis C seperti Tranfusi darah, darah pada pisau cukur, perawatan gigi, gunting kuku, faktor keturunan dan hubungan seksual.

Ketika tubuh mulai terinfeksi virus hepatitis C dari kebanyakan tidak menimbulkan berbagai gejala, inilah sebenarnya tahap terkena penyakti hepatitis C akut, masa inkubasinya sekitar 6 bulan dan bisa sembuh dengan sendirinya jika kekebalan tubuh nya kuat dan mampu mematikan virus hepatitis C.

Akan tetapi jika kekebalan tubuh nya lemah sehingga tidak mampu mematikan virus hepatitis C inilah yang akan membuat penyakti hepatitis C kronis, dimana gejala-gejala heptitis C kronis akan muncul, gejala-gejalanya pun hampir sama dengan gejala jenis penyakit hepatitis lainnya.

Penyebab Hepatitis D dan Penyebab Hepatitis E hampir sama dengan jenis hepatitis lainnya, hanya saja dengan jenis virusnya yang berbeda-beda. Jika hepatitis D penyebabnya ialah infeksi virus hepatitis D (VHD) sedangkan hepatitis E penyebabnya ialah infeksi virus hepatitis E (VHE) dan gejala-gejalanya pun hampir sama, akan tetapi jenis hepatitis D dan E sangat jrang ditemui.

PENCEGAHAN HEPATITIS

Tindakan preventif atau pencegahan selalu jadi senjata utama dalam menghadapi penyakit ini. Untuk melindungi diri dari virus hepatitis yang berbahaya ii tentunya vaksin adalah senjata utama, selain kegiatan ataupun kebiasaan yang bisa kita lakukan dalam kehidupan sehari hari , seperti :

  • Tidak mengkonsumsi Alkohol atau minuman beralkohol
  • Memperhatikan sanitasi dan kesehatan makanan dan minuman yang kita konsumsi
  • Memperbanyak makan sayur dan buah
  • Jangan terlalu lelah, istirahat yang cukup
  • Mendapatkan vaksinasi hepatitis
  • Tidak menggunakan jarum suntik secara bergantian.

Penyakit Hepatitis ini termasuk dalam penyakit paling mematikan di dunia, setiap tanggal 28 Juli diadakan Hari Hepatitis Sedunia dalam rangka menyadarkan masyarakat tentang bahaya penyakit hati sekaligus upaya untuk memperbaikin kualitas hidup agar terhindar dari penyakit hati/hepatitis ini.

Nah, demikianlah informasi mengenai Penyebab Hepatitis Dan Pencegahannya yang dapat kami bagikan. Semoga artkel yang kami buat dapat bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih telah berkunjung.

PENYEBAB HEPATITIS DAN PENCEGAHANNYA


  • Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Dengan Cepat September 11, 2017
    Simak informasi mengenai cara meningkatkan jumlah sperma dengan cepat , secara alami dan aman tanpa menimbulkan efeksamping negatif. Jumlah sel sperma pada pria sangatlah penting dalam kehidupan rumah tangga seseorang, mengapa demikian ? karena menurut informasi yang didapatkan salah satu penyebab yang paling banyak ditemukan ketika pasangan suami istri sulit untuk mendapatkan keturunan yaitu karena […]
    admin_alfianherbal

Cari Artikel Kesehatan Disini :

Like Us On Facebook