Penyebab Penyakit Kuning

  • -

Penyebab Penyakit Kuning

Penyakit kuning memang jarang ditemukan disekitar kita, karena wabah dari penyakit kuning memang jarang menyerang orang dewasa. Tetapi perlu untuk kita ketahui apa yang menjadi Penyebab Penyakit Kuning

Selamat datang kembali di website resmi Alfian Herbal Agen Resmi Green World yaitu pusat penjualan obat herbal online terbesar dan terpercaya yang menyediakan berbagai macam obat herbal yang berkhasiat dalam menyembuhkan segala penyakit dari yang ringan sampai penyakit berat, salah satunya kami menyediakan obat hepatitis yang efektif dan aman dalam menyembuhkan penyakit hepatitis. Tapi untuk saat ini kami tidak akan membahas mengenai obat untuk hepatitis, karena di kesempatan ini kami akan membagikan informasi seputar Penyebab Penyakit Kuning, langsung saja simak informasinya berikut ini.

penyebab penyakit kuning

Penyebab Penyakit Kuning — Tubuh memiliki organ yang fungsinya sangat penting, seperti membuang racun di dalam tubuh, yaitu Hati. Fungsi hati selain untuk membantu membuang racun karena menguarai senyawa yang masuk ke dalam tubuh juga bisa membantu menyimpan gula, nutrisi yang terlalu banyak, menghasilkan protein yang di butuhkan oleh tubuh, dan menghasilkan suatu cairan yang dibutuhkan agar membantu mencerna makanan dengan baik. Oleh karena semua hal diatas maka fungsi hati begitu penting untuk menjaga tubuh tetap seimbang.

Karena fungsi hati yang begitu banyak, oleh sebab itu jagalah kesehatan hati dengan baik karena jika hati tidak dijaga dengan baik bisa ada kerusakan pada hati. Tetapi walaupun hati rusak, tapi masih bisa digunakan, namun ada perubahan pada fungsi hati yang semakin menurun. Kondisi ini dikenal juga dengan nama penyakit kuning, karena penyakit kuning diakibatkan dari fungsi hati untuk mengurai senyawa berkurang dan dampaknya bisa menyebabkan pengendapan racun di dalam tubuh.

Penyakit kuning sebenarnya bukan istilah penyakit tetapi lebih dari gejala yang mendasari dari suatu penyakit yang secara fisik berubah menjadi kekuning-kuningan. Penyakit kuning ini berasal dari beberapa penyakit yang mendasarinya akan tetapi penyakit hati atau penyakit liver atau juga sering disebut penyakit hepatitis lebih sering menjadi faktor penyebab penyakit kuning, hati atau liver mengalami masalah atau gangguan sehingga gejala klinis yang ditimbulkannya secara fisik terlihat menjadi kuning.

Penyakit kuning ini bisa menyerang siapa saja mulai dari bayi, anak-anak hingga dewasa baik laki-laki ataupun perempuan dan menjadi salah satu penyakit yang sering diderita oleh kebanyakan masyarakat di dunia termasuk juga di Indonesia.

# Penyebab Penyakit Kuning

Penyakit kuning terjadi akibat adanya penumpukan zat berwarna kuning yaitu bilirubin di dalam darah dan jaringan tubuh. Bilirubin merupakan zat sisa uraian sel darah merah. Sebelum dibuang oleh tubuh, bilirubin dibawa terlebih dahulu menuju hati melalui aliran darah. Di dalam hati, bilirubin dicampur dengan cairan empedu, kemudian melewati sistem pencernaan untuk dibuang. Sebagian besar bilirubin dibuang dari tubuh dalam bentuk kotoran dan sebagian kecil dibuang dalam bentuk urin, inilah mengapa urin atau air kencing berwarna kuning dan tinja berwarna kuning atau kecokelat-coklatan.

Yang menjadi penyebab penyakit kuning ialah zat bilirubin ini menumpuk atau banyak di dalam hati sehingga hati tidak mampu memprosesnya menyebabkan zat bilirubin tersebar ke seluruh tubuh bersamaan dengan darah yang berakibat pada perubahan fisik menjadi kuning, lalu penyebab nya juga bisa terjadi karena hati tidak berfungsi dengan baik walau pun secara normal zat bilirubin tidak terlalu banyak, karena hati tidak berfungsi dg baik sehingga zat bilirubin tersebar keseluruh tubuh menyebabkan gejala fisik berubah menjadi kuning dan juga penyebab nya bisa terjadi karena organ pembuangan zat bilirubin tidak berfungsi dengan baik akibatnya pun sama gejala fisik berubah menjadi kuning.

Penyebab Penyakit kuning dibedakan menjadi 3, diantaranya adalah :

1. Penyebab Penyakit Kuning Karena Pre-hepatic

Penyakit kuning karena pre-hepatic terjadi ketika kadar bilirubin meningkat akibat penguraian sel darah merah yang terjadi lebih cepat dibandingkan biasanya sehingga hati tidak mampu memprosesnya dengan baik. Beberapa faktor penyebab yang mempengaruhinya antara lain :
  • Anemia hemolitik
  • Malaria
  • Anemia sel sabit
  • Talasemia
  • Sindrom Gilbert
  • Sferositosis turunan

2. Penyebab Penyakit Kuning Karena Intra-hepatic

Penyakit kuning intra-hepatic disebabkan oleh gangguan atau kerusakan pada hati yang mengakibatkan organ tersebut kurang mampu memproses bilirubin dengan sempurna.

Beberapa faktor penyebab yang menyebabkan kerusakan pada hati antara lain :
  • Hepatitis A, B, dan C
  • Hepatitis autoimun
  • Demam kelenjar
  • Kanker hati
  • Sirosis
  • Peradangan saluran empedu atau cholangitis
  • Sindrom Dubin-Johnson
  • Sindrom Gilbert
  • Leptospirosis
  • Kerusakan hati akibat alkohol, narkoba, overdosis obat, atau zat kimia lainnya.

3. Penyebab Penyakit Kuning Karena Post-hepatic

Penyakit kuning post-hepatic terjadi ketika terdapat gangguan pada proses pembuangan cairan empedu yang mengandung bilirubin ke dalam sistem pencernaan akibat empedu mengalami gangguan atau kerusakan.

beberapa faktor penyebab yang menyebabkan kerusakan pada hati antara lain :
  • Batu empedu
  • Radang pankreas atau pankreatitis
  • Kanker pankreas
  • Kanker pada saluran atau kantong empedu

Jadi penyakit kuning bisa disebabkan oleh beberapa penyebab, akan tetapi biasanya diakibatkan karena penyakit hati atau liver. Sekian informasi Penyebab Penyakit Kuning yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat.

PENYEBAB PENYAKIT KUNING


  • Cara Meningkatkan Jumlah Sperma Dengan Cepat September 11, 2017
    Simak informasi mengenai cara meningkatkan jumlah sperma dengan cepat , secara alami dan aman tanpa menimbulkan efeksamping negatif. Jumlah sel sperma pada pria sangatlah penting dalam kehidupan rumah tangga seseorang, mengapa demikian ? karena menurut informasi yang didapatkan salah satu penyebab yang paling banyak ditemukan ketika pasangan suami istri sulit untuk mendapatkan keturunan yaitu karena […]
    admin_alfianherbal

Cari Artikel Kesehatan Disini :

Like Us On Facebook